Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
KITAB SUCI +Deuterokanonika
: - Pilih kitab kitab, masukan bab, dan nomor ayat yang dituju
Katekismus Gereja Katolik
No. : masukkan no. katekismus yang dikehedaki, misalnya 3, 67, 834 atau 883-901

Partner Link Website
Keuskupan, Paroki & Gereja

 

H O M I L I
Mgr F.X Hadisumarta O.Carm

MINGGU PASKAH V/C/2016

Kis 14:21b-27 Why 21:1-5a Yoh 13:31-33a.34-35


PENGANTAR
     Dalam Injil Johannes pada Hari Minggu Paskah V ini Yesus bersabda: "Aku memberikan perintah baru kepadamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, sama seperti Aku telah mengasihi kamu, demikian pula kamu harus saling mengasihi". Khususnya dalam kebersamaan merayakan Ekaristi ini, marilah kita mendengarkan dan berusaha memahami perintah Yesus, yang jangan terlupakan itu.

HOMILI
     Sangat menyolok bahwa Yesus menyebut perintah-Nya kepada murid-murid-Nya, untuk saling mengasihi sebagai perintah baru. Padahal di dalam Perjanjian Lama pun perintah untuk saling mengasihi sudah ada. Namun, memang ada perbedaannya! Unsur perbedaan hakiki antara kasih dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru ialah, bahwa kasih yang sekarang harus kita laksanakan adalah kasih yang dimiliki dan dilakukan oleh Yesus. Bukan sekadar kasih sembarangan!

     Tgl. 8 April yang lalu Paus Fransiskus menyampaikan suatu Anjuran Apostolik yang berjudul "Amoris Laetitia" (19 Maret 2016), "Kegembiraan Cinta" bagi segenap umat, khususnya bagi umat yang berkeluarga. Dalam amanatnya itu Paus Fransiskus secara mendetail mengingatkan kita, bahwa kasih adalah: sabar, rela melayani sesama, tidak cemburu, tidak sombong, tidak kasar, murah hati, tidak lekas marah maupun benci, dan kasih selalu mengampuni, bergembira dengan sesama, memikul segalanya, percaya kepada segalanya, mengharapkan segalanya dan tahan terhadap segalanya (AL 91-119).

     Ciri-ciri kasih yang disebut oleh Paus Fransiskus itu merupakan kasih kristiani sejati, yang juga disebut dalam surat pertama Paulus kepada umat di Korintus (13:1-3), seperti diajarkan dan dilaksanakan oleh Yesus sendiri, yang berkata: "Supaya kamu saling mengasihi, sama seperti Aku telah mengasihi kamu".

     Sekarang ini berita yang setiap hari kita baca atau dengarkan lewat aneka media komunikasi ialah mengenai korupsi, tentang keinginan atau cita-cita untuk memperoleh kedudukan atau jabatan pimpinan yang penting, tinggi dan menguntungkan. Dan juga tak terlupakan berita yang tiada hentinya mengenai masalah narkoba. Pada dasarnya segala perbuatan negatif dalam masyarakat itu bersumber pada cinta akan diri sendiri, yang hanya memperhatikan kepentingan diri sendiri, yang disebut egoisme.

     Menghadapi situasi semacam itu Yesus, baik dahulu maupun sekarang, berkata: "Supaya kamu saling mengasihi, sama seperti Aku telah mengasihi kamu!". Nah, inilah perintah baru yang diberikan kepada kita! Kasih sebagai perintah baru yang dimaksudkan Yesus adalah kasih sejati, yang tidak mencari diri sendiri. Bukan kasih yang hanya mau membahagiakan diri sendiri. Kasih yang baru ini memberikan diri untuk kebutuhan dan kebahagiaan orang lain. Kasih ini bersedia berkorban tanpa batas, seperti dibuktikan oleh Yesus sendiri, meskipun Ia sampai dicurigai dan tidak diterima banyak orang, justru khususnya oleh orang-orang yang merasa dirinya taat kepada keyakinan agamanya: kaum Farisi dan ahli Kitab.

     Kasih baru yang diperintahkan dan dilakukan Yesus itu mengandung risiko. Kasih sebagai perintah baru yang diberikan Yesus itu tidak akan menolak siapapun. Tetapi kasih itu pasti akan menolak siapapun dan apapun yang jahat, bagaimanapun bentuknya. Kasih baru yang diperintahkan Yesus tidak membeda-bedakan sesama menurut suku, bangsa, agama, kedudukan, melainkan justru mendekati setiap orang sebagai sesama , yang adalah semartabat seperti dirinya sendiri di hadapan Tuhan.

     Ada pepatah yang berbunyi: "Cinta adalah buta". Namun jangan sampai disalah tafsirkan. Mata hati kasih kita harus dapat dan mau melihat keadaan orang lain seperti adanya. Kasih baru, yang diperintahkan Yesus harus rela dan bersedia mengampuni kesalahan sesama. Yesus telah memberi teladan bagi kita. Murid-murid-Nya telah menyangkal Diri-Nya, tatkala Ia dituduh palsu, dianiaya dan dihukum mati. Tetapi Yesus bukan menyalahkan, menolak dan menghukum mereka. Justru sebaliknya! Ternyata segala kekurangan dan kesalahan mereka bukanlah alasan bagi Yesus untuk tidak tetap mengasihi mereka.

     Dewasa ini penjara-penjara di negara kita makin penuh sesak; jumlah rumah sakit harus diperbanyak, agar makin mampu menampung orang-orang sakit; sungguh masih besar jumlah besar penduduk negara kita, yang belum mampu berteduh di tempat kediaman yang wajar. Dan dewasa ini banyak keluarga yang mengalami aneka macam keadaan atau pengalaman yang menyedihkan. Mereka itu kini merupakan sasaran perhatian Gereja. Untuk itulah Paus Fransiskus memberikan anjuran apostoliknya: "Evangelii Gaudium" ("Sukacita Injil", 24 November 2013) dan "Amoris Laetitia" ("Kegembiraan Cinta", 19 Maret 2016).

     Gereja tidak dapat membuat hukum atau peraturan untuk mengatur suatu negara. Dan Pemerintahan negara tidak membuat undang-undang atau peraturan bagi rakyat berdasarkan kasih. Namun Gereja terpanggil untuk sesuai dengan tugas dan kedudukannya, juga lewat warga-warganya, untuk meneruskan perintah baru Kristus tentang kasih kepada sesama. Bila umat kristiani pada umumnya di tengah lingkungan masyarakat masing-masing, dan khususnya di dalam keluarga dan komunitas mereka, mau menghayati perintah baru Yesus tentang kasih, maka mereka itu menghadirkan sukacita Injil dan mengalami kegembiraan cinta, seperti diamanatkan oleh Paus Fransiskus.

Mgr. F.X. Hadisumarta O.Carm.

kumpulan Homili Mgr. FX. Hadisumarta O.Carm

 

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id/