Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
KITAB SUCI +Deuterokanonika
: - Pilih kitab kitab, masukan bab, dan nomor ayat yang dituju
Katekismus Gereja Katolik
No. : masukkan no. katekismus yang dikehedaki,( 67, 834 / 883-901)
SEJARAH PAUS

Ensiklik & Surat Paus

Dokumen KV 2

No: masukkan no. yang dikehedaki - 0 (nol) untuk melihat daftar isi-(catatan kaki lihat versi Cetak) 

KATA PENGANTAR KITAB RUT

Buku Rut umurnya sangat tua. Buku ini berbentuk novel yang berisi cerita-cerita yang sangat menarik mengenai berbagai usaha untuk memperkuat semangat kebangsaan di mana Rut yang adalah seorang asing, dianggap pula sebagai salah seorang keturunan Daud.

Dalam buku ini diceritakan mengenai adanya seorang keturunan Daud, seorang wanita asing, namanya Rut, berasal dari Moab.

Dalam diri kaum petani yang sederhana terdapat suatu tingkat peradaban yang murni yang mengungkapkan kemurnian hidup seorang manusia yang memiliki hati yang sangat mulia. Buku ini berbicara mengenai corak kehidupan petani-petani Palestina, nenek moyang Kristus.

Buku ini yang ditulis pada abad ke-4 sebelum Masehi, tepatnya sebelum Ezra menata kembali kehidupan komunitas Yahudi. Buku ini memberi kekuatan kepada orang-orang Yahudi yang beristrikan wanita-wanita asing agar mau menceraikan istri-istri mereka yang bisa saja membujuk mereka untuk mengikuti agama-agama berhala. Inilah dorongan untuk memperkuat rasa kebangsaan. Dengan kata lain tokoh utama cerita ini adalah seorang wanita asing. RUT menenerima kebenaran Allah Israel dan ia tidak termasuk dalam komunitas umat Allah.

Sumber:
Kitab Suci Komunitas Kristiani
Edisi Pastoral Katolik