Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
KITAB SUCI +Deuterokanonika
: - Pilih kitab kitab, masukan bab, dan nomor ayat yang dituju
Katekismus Gereja Katolik
No. : masukkan no. katekismus yang dikehedaki,( 67, 834 / 883-901)
SEJARAH PAUS

Ensiklik & Surat Paus

Dokumen KV 2

No: masukkan no. yang dikehedaki - 0 (nol) untuk melihat daftar isi-(catatan kaki lihat versi Cetak) 

KATA PENGANTAR KITAB YAKOBUS

 

Siapakah Yakobus, saudara Tuhan ini? Ia disebut begitu saja dalam Injil (Mrk;6:3), namun beberapa tahun sesudah Pentakosta, ia tampil sebagai pemimpin. Kita boleh menyebutnya sebagai uskup jemaat Yerusalem. Lalu, ketika Injil disebarluaskan, rupa-rupanyadia lagi yang dianggap sebagai seorang yang bertanggungjawab atas seluruh jemaat Kristen yang sebagian terbesar terdiri.atas orang-orang Yahudi, yang didirikan di Palestina, Syria dan Sisilia (Kis 15:13-29).

Dari semua rasul; dialah yang paling melekat dengan tradisi-tradisi Yahudi (lawan yang ekstrim dan Paulus). Ketika berbicara kepada kaum beriman di Yerusalem, ia meugajarkan mereka hal-hal yang sederhana dan praktis yang diilhami oleh kebijaksanaan Perjanjian Lama. Kita mendengar gema khotbah rrungguannya dalam surat ini yang dialamatkan kepada orang-orang Knsten keturunarr Yahudi yang tinggal dalarri keuskupannya yang luas.

Mereka disebut dua belas suku Israel yang tersebar di antara bangsa-bangsa, sebuah nama yang diberikan kepadaorang-orang Yahudi yang sudah menetap di luar tanah kelahirannya, Surat uu mungkin ditulis antaratahun 50 dan 60 sesudah Kristus.

Karena surat ini tidak ban yak memuat ajaran doktrinal, maka sementara kalangan menganggapnya tidak begitu penting. Tetapi ia benar-benar memuat ajaran moral yang sangat bemilai dan relevan, khususnya dalam hubungan dengan keadilan.

 

Sumber:
Kitab Suci Komunitas Kristiani
Edisi Pastoral Katolik