Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

Samaria

referensi Alkitab :

dan pergilah ke negeri Media. Sebab aku yakin akan firman Allah mengenai kota Niniwe, sebagaimana yang telah diucapkan nabi Nahum. Semua akan terjadi, semua akan mendatangi bangsa Asyur dan kota Niniwe. Segala sesuatunya yang telah diucapkan oleh para nabi Israel yang diutus oleh Allah akan terjadi semua. Tiada sedikitpun dari ucapan itu yang tidak akan samapi; semua akan terjadi pada waktunya. Tetapi di negeri Media orang akan lebih aman dari pada di negeri Asyur dan Babel. Aku tahu dan yakin benar bahwa semua yang telah difirmankan Allah akan terlaksana dan terjadi juga. Tiada satupun dari firmanNya yang akan gagal. Adapun saudara-saudara kita yang masih tinggal di tanah Israel akan dicerai-beraikan dan diangkut tertawan dari tanah yang baik itu. Seluruh tanah Israel serta Samaria dan Yerusalem akan menjadi gurun belaka dan Bait Allah akan tinggal roboh dan hangus hingga waktu tertentu. (To 14:4)

kepada semua orang di daerah Samaria serta anak-anak kotanya; kepada penduduk daerah di seberang sungai Yordan sampai ke Yerusalem, Batane, Helus dan Kadesy hingga sungai Mesir dan kota Tafne, Raamses serta seluruh daerah Gosyen  (Ydt 1:9)

Dari sebab itu mereka mengirimkan kabar ke seluruh daerah Samaria, ke kota Kona, Bet-Horon, Belmain dan Yerikho dan juga ke kota Hoba, Aisora dan Lembah Salem.  (Ydt 4:4)

Bagian sepertiga dari padi-padian dan dari separuh buah-buahan pepohonan yang berhak kupungut mulai hari ini kulepaskan untuk negeri Yehuda serta ketiga daerah yang berbatasan dengan wilayah Samaria dan Galilea, mulai dengan hari ini untuk segala waktu.  (1Mak 10:30)

Ketika Nikanor dapat tahu bahwa para pengikut Yudas berada di daerah Samaria, maka ia bermaksud menyerang mereka dengan leluasa pada hari istirahat.  (2Mak 15:1)

Kemudian Yoahas mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di Samaria. Maka Yoas, anaknya, menjadi raja menggantikan dia. Dalam tahun ketiga puluh tujuh zaman Yoas, raja Yehuda, Yoas anak Yoahas, menjadi raja atas Israel di Samaria. Ia memerintah enam belas tahun lamanya. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuruh Yerobeam bin Nebat dilakukan orang Israel, tetapi terus hidup dalam dosa itu. Selebihnya dari riwayat Yoas dan segala yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bagaimana ia berperang melawan Amazia, raja Yehuda, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel? Setelah Yoas mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, maka duduklah Yerobeam di atas takhta ayahnya. Dan Yoas dikuburkan di Samaria di samping raja Israel. (2Raj 13:9-13)

Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus menyusur perbatasan Samaria dan Galilea. (Luk 17:11)

Maka sampailah Ia ke sebuah kota di Samaria, yang bernama Sikhar dekat tanah yang diberikan Yakub dahulu kepada anaknya, Yusuf. Maka datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air. Kata Yesus kepadanya: "Berilah Aku minum." (Yoh 4:5, 7)



Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id/