Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

Sungai Yordan

referensi Alkitab :

Adapun Yudas Makabe dan adiknya Yonatan menyeberang sungai Yordan lalu tiga hari lamanya berjalan di padang gurun.  (1Mak 5:24)

Selanjutnya orang-orang Yahudi menyeberang sungai Yordan ke dataran besar yang berhadapan dengan Bet-Sean.  (1Mak 5:52) 

Hal itu ketahuan oleh Bakhides pada hari Sabat. Maka ia sendiri serta seluruh bala tentaranya menyeberang sungai Yordan.  (IMak 9:34)

Demikian Yonatan dan Simon membalas dendam untuk darah kakak mereka. Kemudian mereka menuju ke bencah sungai Yordan. Bakhides mendengar tentang hal itu lalu pada hari Sabat pergilah ia beserta banyak pasukan ke tepi sungai Yordan.  Lihatlah, pertempuran mengancam kita dari sebelah depan dan dari sebelah belakang. Lagi di sebelah kanan dan di sebelah kiri ada air sungai Yordan dan selebihnya bencah dan belukar belaka. Tiada kemungkinan lagi untuk mengelakkan diri.Maka Yonatan serta anak buahnya menceburkan diri ke dalam sungai Yordan dan berenang sampai ke seberang. Tetapi musuh tidak menyeberangi sungai Yordan untuk mengejar mereka. (1Mak 9:42-43, 45, 48)

Sungai Yordan ialah batasnya pada sisi timur. Itulah milik pusaka bani Benyamin dengan batas-batasnya ke segala penjuru menurut kaum-kaum mereka. (Yos 18:20)

di sebelah timur sungai Yordan dengan merebut seluruh tanah Gilead, tanah orang Gad, orang Ruben dan orang Manasye, mulai dari Aroer yang di tepi sungai Arnon, baik Gilead maupun Basan.(2Raj 10:33)

Di sebelah timur: mulai dari Hazar-Enon yang terletak di antara Hauran dan Damsyik, sungai Yordan menjadi perbatasan di antara Gilead dan tanah Israel, terus ke Laut Timur sampai ke Tamar. Itulah sebelah timur. (Yeh 47:18)

Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan. (Mat 3:6)

Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan. (Mrk 1:5)


Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id/