Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

PENGANTAR KITAB AMOS

Memasuki pertengahan abad 8 SM, kerajaan Israel sangat kaya dan makmur. Hak milik orang-orang kecil dirmpas dan kekayaan hanya tertumpuk pada beberapa orang saja. Orang-orang miskin terus bertambah. Kekayaan yang dinikmati oleh segelintir orang, merupakan ancaman bagi mereka yang miskin dan papa.

Secara tiba-tiba Yahweh mengaum dari.Sion, suara-Nya bergemunih dari Yerusalem lewat mulut Amos, seorang gembala dari Tekoa, suatu dusun kecil yang terletakkira-kira 9 km, sebelah selatan Betlehem, di tanah Yehuda.

Allah mengambilnya dari kawanannya dan mengutusnya ke daerah tetangga di bagian Utara yakni ke Israel. Dengan demikian ia mulai kegiatan kenabiannya di kota-kota Israel, mencela ketidakadilan sosial dan kehidupan keagamaan yang mengutamakan hal-hal yang bersifat lahiriyah saja. Ia memperingatkan Israel bahwa akan ada hukuman dan mereka akan dibuang dan semuanya akan berakhir dengan datangnya hari-hari yang penuh kebahagiaan.

Amos adalah nabi keadilan sosial. Dia menyatakan kepada kita bahwa Allah adalah pembela hak-hak orang miskin.

 

Sumber : Kitab Suci Komunitas Kristiani (Edisi Pastoral Katolik)

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id