Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

PENGANTAR KITAB MAZMUR

Kelima kitab mazmur
       Kitab Mazrnur berasal dari kumpulan nyanyian yang dipakai dalam kenisah di Yerusalem. Menurut tradisi, raja Daudlah yang mengatur liturgi dim juga yang menyusun semua mazmur. Namun lebih besar kemungkinannya bahwa yang memegang peranan lebih menentukan dalam penulisan serta pemilihan Mazmur adalah para Lewi - yakni "bani Asaf dan bani Yedutun" - yang bertanggung jawab alas musik kenisah, Dalam perjalanan waktu, Mazmur memasukkan juga kesalehan pribadi, ratapan-ratapan kolektif dan ungkapan-ungkapan dari zaman lain.

       Sebagai buku doa dari' Israel kuno, Kitab Mazmur telah memupuk kesalehan orang Yahudi, sebagaimana juga telah memupuk doa Yesus: Sampai hari ini Mazmur-mazmur merupakan dasar doa Iiturgis orang Kristen yang dipergunakan oleh kaum religius yang tak terhitung jumlahnya, oleh para imam.para diakon, dan juga kaum awam yang semakin lama jumlahnya semakin besar.

       Tidak semua orang Kristen merasa bahwa Kitab Mazmur memenuhi aspirasi mereka, namun Kitab Mazmur terbukti lebih bernilai sebagai kitab yang dapat diadaptasikan pada doa mereka atau lebih baik lagi, memakainya untuk membina serta membentuk spiritualitas mereka. Kalau kita mau berbicara dengan Allah, akan lebih bermanfaat bila kita mendengarkan Dia dan merenungkan Sabda-Nya daripada mengutarakan kekhawatiran-kekhawatiran kita.

       Sepanjang masa Kitab Mazmur telah menjadi alat doa yang luar biasa, Meskipun tidak selalu memuaskan citarasa doa kita, Kitab Mazmur bukanlah suatu hal yang jelek. Kalau Kitab Mazmur dapat sedikit menggoncangkan kebiasaan-kebiasaan rohani kita yang sudah mapan, itu pun sudah merupakan anugerah yang tidak kecil. Mazrmur-rnazmur ini dapat membarui bahasa serta simbolisme kita di tengah dunia di mana Allah sering dirasakan sebagai Pribadi yang asing, di tengah dunia di mana orang lebih senang tinggal sendirian, untuk mengejar kepentingan mereka sendiri.

       Mazmur-mazmur telah dikumpulkan menjadi lima kitab sebagaimana dapat .dilihat dari penutup setiap kitab (bdk.Mzm 41,72, 106), Kadang-kadang dalam kumpulan yang lain orang bisa menemukan Mazmur yang hampir identik dan kita dapat memandang Mazrnur-mazmur itu sebagai berpasangan.

       Penomoran Mazmur dalam edisi Ibrani sedikit berbeda dengan penornoran dalam edisi Yunani, Kita memakai penomoran Ibrani dan meletakkan penomoran Yunani dalam tanda kurung - sesuatu yang dipakai dalam Liturgi Latin kita. (dapat dilihat selengkapnya dalam Kitab Suci Komunitas Kristiani Edisi pastoral).
 
       Bersama dengan Mazrnur-mazmur, kita mencatat ada doa-doa lain dalam Kitab Suei yang  biasa disebut "kidung-kidung", seperti:             '
- Nyanyian Musa: Kel 15
- Nyanyian Musa yang kedua: Ul 32
- Nyanyian Hana: l Sam 2
- Nyanyian Yesaya: Yes 12
- Nyanyian Yehezkiel: Yeh 38
- Nyanyian Habakuk: Hab 3
- Nyanyian Tiga Hamba: Dan 3:52
- Nyanyian Tobit: Tob 13
- Nyanyian Sirakh: Sir 36
- Nyanyian Maria: Luk 1:46
- Nyanyian Zakharia: Luk 1:68
- Nyanyian Simeon: Luk 2:29
- Nyanyian Efesus: 1:3-14; 3:14-20
- Wahyu: berupa kutipan-kutipan pendek
- Begitu juga: 2Sam 23; Neh 9:6; Yes 26:7; Yer 20:7; Ydt 16:13; Keb 9:1; Sir 23:1, 51.

Sumber : Kitab Suci Komunitas Kristiani (Edisi Pastoral Katolik)

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id