Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

  peta alkitab  
  audio alkitab  
   
   

 

 

Sinopsis Buku-Buku Katekese Parokial

Karya Tulis : Rm. F.X. Didik Bagiyowinadi,Pr

 

Persiapan Sakramen Inisiasi

Siap Menyambut Komuni (Dioma, 2005)

Buku Pegangan & Buku Kerja Peserta

Buku ini menawarkan katekese persiapan komuni pertama dalam minimal 10 kali pertemuan (dan masih dapat ikembangkan). Kepada para calon perlu ditanamkan dasar dasar kekatolikan, maka tema yang dibahas adalah Doa Harian Orang Katolik, Pedoman Hidup Orang Katolik, Devosi Kepada Bunda Maria, Aku Sungguh Anak Allah, Tuhanku Maharahim, Yesus Sahabat Anak-Anak, Yesus Sang Roti Kehidupan, Yesus Mengadakan Ekaristi, Ekaristi sebagai Perjamuan Bersama, dan Memahami Perayaan Ekaristi. Materi juga sudah disesuaikan dengan TPE 2005.

Dengan adanya buku kerja, para peserta diajak lebih aktif dalam proses katekese persiapan Komuni Pertama. Buku kerja berguna untuk mencatat poin-poin penting yang dijelaskan oleh pembina, untuk menuliskan dan menyimpan niat-niat mereka, serta merekam keaktifan mereka merayakan Misa hari Minggu. 

Siap Diutus – Persiapan Krisma (Dioma, 2001)

Buku Pegangan dan Buku Kerja

Menawarkan katekese persiapan Krisma dalam 4-6 kali pertemuan. Tema-tema yang direnungkan adalah Krisma sebagai sakramen inisiasi, Krisma sebagai pencurahan Roh Kudus, Krisma sebagai pendewasaan iman, Krisma sebagai sakramen perutusan, dan persiapan akhir menyambut Sakramen Krisma.

Buku kerja peserta berisi catatan-catatan yang berguna untuk menulis poin-poin penting yang diberikan oleh pembina. Peserta juga dapat menyimpan niat-niat konkret yang telah direnungkan dan merekam keterlibatannya dalam hidup menggereja. Diharapkan para peserta kelak masih dapat melihat catatan-catatan itu apakah niat-niat yang telah ditulisnya itu sudah dilaksanakan.

Seri Triduum Inisiasi (YPN, 2007)

Untuk menyediakan sarana persiapan batin bagi para calon penerima Sakramen Inisiasi, Seri Triduum Inisiasi ini disusun. Melalui buku kecil ini para calon diajak berkanjang dalam doa selama tiga hari berturut-turut (doa Triduum) untuk menyambut rahmat Tuhan dalam Sakramen Inisiasi.

Para calon akan diajak merenungkan Sabda Tuhan dan memanjatkan doa permohonan bersama. Selain itu, mereka akan dibimbing mengadakan refleksi pribadi. Doa Triduum dan Refleksi ini dikemas dalam bentuk ibadat sabda yang bisa didoakan secara pribadi maupun bersama-sama di paroki. Melalui aneka renungan, refleksi, dan doa ini diharapkan para calon semakin siap lahir-batin untuk menyambut Sakramen Inisiasi.

Seri ini meliputi:

STI-1: Menjelang Pembaptisan Kanak-Kanak (Untuk Orang tua)
STI-2: Menjelang Pembaptisan Remaja
STI-3: Menjelang Pembaptisan Dewasa
STI-4: Menjelang Pendampingan Pembaptisan (Untuk Wali Baptis)
STI-5: Menjelang Komuni Pertama
STI-6: Menjelang Krisma

Pendalaman iman Katolik

Beriman Katolik dari Altar sampai Pasar (YPN, 2006)

Kurangnya pemahaman akan kekayaan iman dan ajaran Gereja Katolik, niscaya juga mempengaruhi penghayatan iman sebab iman berawal dari pewartaan dan pendengaran (bdk. Rom 10:14). Dalam penghayatan iman sehari-hari, tidak jarang kita mengalami aneka persoalan dan pergumulan iman:

  • Dimanakah kekhasan iman Katolik dibandingkan para pengikut Kristus lainnya?
  • Bila mereka yang tidak dibaptis juga dimungkinkan untuk menerima keselamatan kekal, lalu apa lebihnya dengan menjadi Katolik?
  • Apakah penghayatan iman umat Katolik hanya seputar altar?
  • Bagaimana mewujudkan ajaran Kristus mulai dari seputar altar, di sekitar Gereja, dan di tengah pasar?
  • Bagaimana sikap iman yang benar berkaitan dengan kerja, harta dan kekayaan, serta warisan tradisi?
  • Bagaimanakah sikap Gereja Katolik terhadap pemeluk agama lain?

Buku ini bermaksud menanggapi aneka persoalan dan pergumulan iman tersebut. Diharapkan dengan pemahaman yang benar akan kekayaan iman dan ajaran Gereja Katolik, penghayatan iman Anda semakin otentik, kokoh, dan mengakar, mulai dari altar sampai pasar. 

Menghidupi Tradisi Katolik (YPN, 2003)

Gereja Katolik mempunyai kekayaan tradisi, mulai dari perawaan sakramen, aneka sakramentali, devosi, dialog iman, dampai pelbagai praksis hidup kristiani yang khas. Tanpa pemahaman yang cukup, ada bahaya bila kita hanya menjalani ritual keagamaan itu sekedar ikut-ikutan atau formalitas, yang akhirnya menjadi bingung dan goyah manakala mendapat serangan dari luar.

Buku “Menghidupi Tradisi Katolik” menyajikan 30 artikel untuk memberikan pemahaman yang cukup dengan informasi yang singkat, padat, tepat, dan lugas. Dengan demikian diharapkan kita bisa “bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah” (bdk. Kol 1:10; Ef 4:13).

Paket Kado Perkawinan (YPN, 2006)

Paket lengkap dalam box ekslusif berisi lima Seri Kado Perkawinan. Suatu Seri bacaan rohani yang padat, ringan, dan lengkap untuk menghayati perkawinan Katolik seperti yang diharapkan Gereja. Sangat cocok untuk persiapan nikah maupun pembinaan pasca nikah. Suato kado istimewa yang pantas dihadiahkan kepada mereka yang baru menikah dan merayakan ultah perkawinan.

Selengkapnya seri ini terdiri dari :

SKP-1: Bergandengan Tangan Menuju Altar Tuhan,
SKP-2: Pesan Tuhan bagi Mempelai,
SKP-3: Saling Setia dalam Untung dan Malang,
SKP-4: Mendidik Anak secara Katolik,
SKP-5: Membangun Keluarga sebagai Gereja Rumah Tangga.

Di Tengah Berbagai Angin Pengajaran (Dioma, 2005)

Singkat, lugas, gamblang, tentang berbagai tema yang menggugat kebenaran ajaran iman Katolik. Disajikan dalam bahasa yang sederhana tanpa mengurangi bobot isi. Didasarkan pada Alkitab, ajaran Gereja, dan penalaran akal budi. Antara lain dibahas aneka tema seputar Alkitab (Alkitab vs evolusi, “injil” Barnabas), ikhtisar sejarah Gereja Katolik. Juga diulas tema: rahmat mengandaikan usaha, mencari kerajaan Allah dahulu, teologi sukses vs teologi salib, sukses melalui jalan salib, karunia bahasa Roh, hari Tuhan – Sabtu atau Minggu, liturgi Katolik itu Alkitabiah, merokok dan Bait Roh Kudus, pembaharuan Karismatik, paham pohon keluarga, ekumene, dan hari kiamat.

Sakramen Penyembuhan Sayang Sekale Kalo Dicuekin (YPN, 2008)

Di sini disharingkan refleksi atas pengalaman pelayanan Sakramen Tobat, Sakramen Pengurapan Orang Sakit, dan Seputar Kematian. Antara lain dibahas: tanggapan atas 12 dalih alias “ litani rasionalisasi ” untuk tidak mengaku dosa, refleksi atas pengalaman sakit, kuasa penyembuhan dalam Sakramen Pengurapan Orang Sakit, apa dan bagaimana Komuni bagi orang sakit, viatikum, Kremasi Katolik, dan Misa Arwah. Buku ini membantu kita untuk lebih menanggapi dan mensyukuri tawaran rahmat Tuhan dan pelayanan Gereja.

 

Panduan Aktivis Paroki

Buku Pintar Misdinar,

Edisi Revisi – Sesuai TPE 2005

Para misdinar perlu mempunyai bekal pengetahuan dan latihan yang cukup agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Terlebih dengan TPE baru, ritus dan sikap liturgis mana sajakah yang mesti disesuaikan oleh para misdinar? Menjawab kebutuhan lapangan ini, Edisi Revisi Buku Pintar Misdinar diterbitkan.

Selain dipaparkan wawasan dan pengetahuan liturgi yang berguna bagi para misdinar untuk menjalankan tugas pelayanan pada Misa hari Minggu biasa maupun hari-hari raya, dalam buku ini juga dipaparkan identitas dan spiritualitas misdinar, bahkan mereka dipersiapkan untuk menjadi misionaris cilik. Suatu buku pegangan yang layak dimiliki oleh setiap misdinar.

Siap Menjadi Pengurus Lingkungan (Obor, 2008),

Peran pengurus lingkungan dalam pengembangan Gereja di lingkungan dan paroki sangatlah penting dan strategis. Sayangnya, dalam realita masih banyak orang yang enggan bila dipercaya menjadi pengurus lingkungan. Ada aneka dalih bisa disebut yang membuat mereka merasa belum siap.

Buku kecil ini menawarkan sarana persiapan dan pemantapan niat Anda terjun dalam pelayanan di lingkungan. Antara lain dipaparkan bagaimana menghidupi panca tugas Gereja dalam dan bersama Lingkungan; belajar dari ide Gereja Diaspora ; Lingkungan dan Komunitas Basis Gerejani; Peran, Motivasi dan Spiritualitas Pengurus Lingkungan, menanggapi aneka dalih tidak mau melayani; seputar Ketua Lingkungan dan Doa lingkungan; aneka persoalan klasik di Lingkungan, serta Pengurus Lingkungan dan keluarganya. Dengan demikian bisa diharapkan jauh-jauh hari para kader pengurus lingkungan dapat mempersiapkan diri.

Selain itu, buku ini juga bermanfaat bagi Anda yang sudah dipercaya menjadi pengurus lingkungan untuk menyegarkan motivasi pelayanan dan menimba inspirasi agar lingkungan Anda semakin hidup, berkembang, dan berdaya pikat.

Bekal untuk Pendamping Bina Iman Anak (YPN, 2008),

Katekese bagi anak-anak perlu mendapat tempat di paroki. Namun, siapa yang mau mendampingi anak-anak? Kerap mereka yang merelakan diri menjadi pendamping justru tidak mempunyai bekal teologis-kateketis, bahkan bukan guru. Bagaimana mempersiapkan dan membekali mereka yang merelakan diri mendampingi anak-anak itu?

Berangkat dari pengalaman mendampingi tim bina iman anak di paroki dan sebagai animator KKI, penulis menyajikan aneka bekal yang diperlukan oleh siapa saja yang tergerak hati dalam pelayanan bina iman anak. Antara lain dibahas motivasi dan spiritualitas pendamping, mengenal dunia anak, menyiapkan bahan pertemuan, mengembangkan ketrampilan dan kreativitas sebagai pendamping, dsb. Selain serba-serbi pendampingan di Sekolah Minggu, dalam buku ini juga dibahas seputar Misa Anak-Anak, persiapan komuni pertama, pembinaan pasca komuni, dan pelayanan seksi bina iman anak paroki. Sebuah buku panduan yang patut dimiliki setiap pendamping bina iman anak.

 

Penunjang Katekese Bina Iman Anak

Samuel Kecil Modul Pertemuan dan Lagu Baru untuk BIA (YPN, 2008)

Salah satu kesulitan pendampingan iman anak, khususnya pasca Komuni, adalah masih terbatasnya modul pertemuan yang menjawabi kebutuhan mereka. Dalam buku Samuel Kecil ini disajikan 11 modul pertemuan untuk bina iman anak, antara lain dibahas: partisipasi dalam Ekaristi, komunitas basis anak, menjadi rasul cilik, bijak memanfaatkan sarana komunikasi modern, terlibat di kebun anggur Tuhan, bersahabat dengan pemeluk agama lain, dan mengenal Gereja keuskupan.

Modul yang disiapkan oleh Tim KKI Keuskupan Malang dan diedit oleh Rm. Didik, Pr ini dilengkapi dengan 13 lagu anak-anak baru yang disusun oleh Gregorius Uce. Lagu-lagu ini bisa dimanfaatkan juga untuk koor sehingga menyemarakkan misa anak-anak. Dengan menyanyi, anak-anak memuji Tuhan, sekaligus meresapkan dan mewartakan Sabda Tuhan melalui lagu-lagu yang mereka dendangkan.

Seri Kado Bintang (OBOR, 2008)

Kumpulan cerita rohani anak yang menawarkan aneka nilai kristiani. Melalui aneka cerita ini anak-anak dibantu bertumbuh-kembang menjadi anak-anak terang ibarat bintang-bintang kecil yang senantiasa mewartakan sukacita. Selengkapnya seri ini terdiri dari: Telur Paskah yang Hilang, Kasihilah Musuhmu, Terjadinya Walu Ulo, Kuda Pameus, dan Kado Natal dari Yesus. Suatu kado yang pantas dihadiahkan pada anak-anak bina iman.

Seri Merpati Kecil (Dioma, 2001) – Aneka Fauna dalam Alkitab, 4 jilid.

Seri Biji Sesawi (Dioma, 2005) – Aneka Flora dalam Alkitab, 3 jilid.

kembali ke referensi buku katekese

 

 

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id/