Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

Apologetik KITAB SUCI

Kitab Kejadian (Perjanjian Lama) dipergunakan dalam Kitab Sirakh [Deuterokanonika]

Kita Lihat Kitab Kejadian 1:26

"Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

bandingkan dengan :

terjemahan LAI (Sir 17:3-4)

3Kepadanya dikenakan kekuatan yang serupa dengan kekuatan Tuhan sendiri dan menurut gambar Allah dijadikan-Nya. 4Di dalam segala makhluk yang hidup Tuhan menaruh ketakutan kepada manusia, agar manusia merajai binatang dan unggas.

Sepertinya kurang pas, dan bukan kita mau memaksakan untuk sama, tetapi tidak ada salahnya mari kita lihat beberapa terjemahan Kitab Sirakh 17:3-4 dalam beberapa Versi :

terjemahan   Douay Rheims Inggris Katolik (Sir 17:3-4)

3. He gave him the number of his days and time, and gave him power over all things that are upon the earth.4. He put the fear of him upon all flesh, and he had dominion over beasts and fowls.

terjemahan   Latin Vulgata Katolik (Sir 17:3-4)

3. numerum dierum et tempus dedit illi et dedit illi potestatem eorum quae sunt super terram 4. posuit timorem illius super omnem carnem et dominatus est bestiarum et volatilium

terjemahan Kitab Suci Komunitas Kristiani Edisi Pastoral katolik (Sir 17:3-4)

3. Ia memperlengkapi mereka dengan kekuatan seperti yang dimiliki-Nya sendiri, dan menjadikan mereka menurut gambar-Nya

4. Ia Meletakan rasa Takut kepada manusia dalam segala sesuatu yang hidup, dan dengan demikian manusia mempunyai kuasa atas binatang-binatang dan burung-burung.

Coba bandingkan antara terjemahan Douay Rheims Inggris Katolik, Latin Vulgata Katolik dengan terjemahan LAI, DAN terjemahan Douay Rheims Inggris Katolik, Latin Vulgata Katolik dengan terjemahan Kitab Suci Komunitas Kristiani Edisi Pastoral katolik. Mana yang lebih Sesuai?

Tentu terjemahan Kitab Suci Komunitas Kristiani Edisi Pastoral Katolik.

so....tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa Ayat-Ayat yang termasuk dalam Kitab deuterokanonika tidak pernah dikutip di dalam Kitab-kitab lainnya dalam Kitab Suci, sehingga saudara-saudara kita dari protestant menolaknya dan menganggap bahwa kitab-kitab deuterokanonika sebagai kitab-kitab Aprokrip (tersembunyi). Ini adalah salah salah satu Bukti dari sekian banyak Ayat-Ayat dalam "Kitab-kitab yang termasuk dalam kelompok Deuterokanonika" yang menggunakan/memakai apa yang dalam Kitab-Kitab lain dalam Kitab Suci Kristiani.

baca juga :

[Apologetik Kitab Suci Deuterokanonika] [Apologetik Deuterokanonika dengan Injil] [Ibrani 11:35 dengan 2 Makabe 7] [Semangat Yesus Kristus yang sangat mencolok dalam Kitab kebijaksanaan bab 2] [Bukti korelasi pemakaian kitab-kitab "Deuterokanonika" dalam Perjanjian Baru] [Kitab Kejadian (Perjanjian Lama) dipergunakan dalam Kitab Sirakh [Deuterokanonika]]

[Home Apologetik Kitab Suci]

 

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id