Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

INJIL Yohanes

Sekilas ketiga Injil pertama membuat kita meremehkan karya dan keterampilan para penulisnya. Visi apa saja yang ingin mereka sampaikan tentang Penebus, disampaikannya secara sederhana dengan menggunakan kesaksian saksi-saksi mata sehingga kita sering merasa seolah-olah kita sendiri melihat dan mendengar Yesus secara langsung.

Kalau kita membandingkan Injil Yohanes dengan Injil-injil sinoptik, maka Injil Yohanes sangat berbeda. Kitab ini telah menjalani proses pematangan dengan bertambahnya umur Yohanes, Pengalamannya sebagai rasul menggerakkan dia untuk terus-mcnerus menginterpretasikan kehadiran Yesus yang telah bangkit dalam Gereja.

Yohanes tidak membiarkan kita mengabaikan tujuannya. "Ini telah ditulis supaya kamu percaya bahwa Yesus adalah Putra Allah" (Yoh 20:31). Iman Gereja mewartakan Yesus sebagai Putra Allah. Tetapi bagaimana kita mengartikan istilah ini? Sekalipun kebangkitan Yesus telah menampakkan bahwa Dia adalah pribadi ilahi, kita masih bisa bertanya bagaimana dan sejak kapan Yesus menjadi Putra Allah dan sejauh mana Ia diidentifikasikan dengan Allah. Injil Yohanes menegaskan dengan jelas bahwa Yesus selalu ada bersama Allah sejak keabadian. Penegasan tentang asal usul Yesus membantu kita untuk memahami keseluruhan karya Yohanes, Putra Allah yang abadi dan yang telah menjadi manusia tidak datang hanya untuk mengajar kita bagaimana kita dapat memperbaiki diri kita, tetapi juga untuk mentransformasikan seluruh ciptaan menjadi ciptaan baru.

Yohanes tidak menyusun Injilnya dari nol. Di sini kita menemukan lebih ban yak saksi dan juga keterangan-keterangan yang telah dikonfirmasikan dibanding dengan Injil-Injil lain. Tetapi, Yohanes tidak membatasi diri pada ingatannya sendiri. Dengan berlalunya waktu, ia mengungkapkan dan mengembangkan sabda-sabda Yesus dengan mengarang wejangan-wejangan di mana Yesus "dengan bantuan Yohanes" berbicara kepada kita secara aktual.

Injil Yohanes itu kontroversial karena semakin murni suatu kebenaran, semakin sedikit pula orang yang bisa menerimanya. Oleh karena itu, Injil ini menimbulkan kontroversi-kontroversi di dalam Gereja sendiri tetapi kemudian Injil ini diakui sebagai sabda Allah dan sebagai kesaksian apostolik.

Maka InjiI Yohanes ditulis, lalu ditulis ulang dan sangat mungkin bam diterbitkan sesudah kematian penulisnya, sekitar tahun 95 sesudah Masehi, sebagaimana diisy.aratkan oleh satu alinea kecil yang ditambahkan pada akhir Injil. Dalam karangan terakhir ini, tampaknya Yohanes mengorganisir Injilnya seputar tiga kali perayaan Paskah yang terjadi semasa hidup Yesus di depan umum.

Di sini kita menemukan suatu unsur penting untuk memahami pikiran Yohanes. Ia menyelesaikan Injilnya dua puluh tahun sesudahjatuhnya Yemsalem dan Bait Allah ke dalam tangan tentara-tentara Roma. Seperti Paulus, Yohanes mengetahui bahwa kebangkitan Yesus membuka suatu zaman bam. Wahyu kepada bangsa Yahudi dan Iiturgi besar di dalam Bait Allah adalah bagian dari masa lampau, tetapi dalam perjanjian pertama, yang sekarang disebut Perjanjian .Lama, ditemukan kunei-kunei untuk memahami prestasi Yesus. Oleh sebab itu Yohanes mengingatkan kita akan pesta-pesta Yahudi dan simbol-simbol keagamaan seperti air. daun palma, anak domba ... tetapi ia akan menunjukkan bagaimana simbol-simbol ini diberi arti baru dalam kehidupan dan liturgi Kristen.

Oleh karena itu, sesudah suatu pembukaan yang kita sebut pekan penemuan (sampai 2:16) kita bisa melihat tiga bagian:
- Dalam 2:17 Yesus pergi ke Bait Allah.untuk perayaan Paskah: bab 2-5 mengembangkun simbol Bait Allah.
- Dalam 6:4 perayaan Paskah disebut lagi dan Yohanes mengembangkan simbol roti.
- Dalam 13:1 kita menemukan lagi perayaan Paskah untuk ketiga kalinya, ketika Yesus disalibkan pada saat semua anak domba dikurbankan di Bait Allah. Anak domba adalah simbol ketiga.

Apakah Yohanes adalah penulis lnji yang disebut dengan namanya?
Pertanyaan ini sangat sulit dijawab. Ada banyak alasan untuk meragukan bahwa Yohanes Rasul sendirilah yang menulisnya, tetapi ada sama banyak alasan yang bisa ditemukan yang mendukung tradisi yang mengatakan bahwa Yohanes RasuI adalah pengarang Injil Yohanes.

Sebagaimana sudah kita sebut dalam Pengantar untuk Injil-Injil, ada suatu sebab yang mendorong beberapa orarig untuk meneati penulis lain yang bukan salah satu dari rasul-rasul. Pesan Yohanes jelas dan menyakiti hati. Haruskah kita menerima bahwa Dia yang sedari kekal sudah menandai Yohanes dan mungkin meneintai dia lebih daripada rasul-rasul lain adalah Sang Sabda Allah sendiri, Allah yang Iahir dari: Allah? Berani sekali pemyataan ini! Mungkin kita lebih suka hal seperti ini tidak dikatakan langsung oleh Yohanes tetapi ditambahkan kemudiun oleh seorang teolog. Lebih mudah bagi teolog ini untuk mengangkat tokoh Yesus sebagai tokoh YANG IDEAL karena, dengan melihat dari'jauh, ia tidak mengalami sepenuhnya kehadiran Yesus yang sangat manusiawircara Yesus melihat, makan, mencuci, dan berbau keringat. Tetapi kita harus mengakui bahwa ada argumen-argumen kuat yang akan mendorong kita untuk meragukari apakah Yohanes adalah benar-benar penulisnya. Bagi banyak ahli argummen utamanya ialah: puluhan tahun telah berlalu antara kisah pertama yang masih segar tentang karya-karya Yesus dan penulisan wejangarr-wejangan yang dibuat kemudian berdasarkan kisah-kisah itu; dan penulisan'ini pun tampaknya kadang-kadang melupakan tradisi asli. Mungkinkah salah satu dari saksi-saksi Yesus yang pertama telah merenung sejauh itu?

Sangat mungkin orang yang menyUsun wejangan-wejangan dalam Injil Yohanes pada tahun tujuh puluhan adalah seorang teolog yang tinggal dekat Efesus yang, menurut tradisi yang sangat tua, menjaditempat Yohanes menyendiri dan mati. Minatnya pada liturgi dan Bait Allah membuai kita berpikir mungkin ia seorang imam. Apakah hal ini cocok dengan pribadi Yohanes putra Zebedeus, seorang nelayan Tiberias? Mungkinkah visi tentang Yesus sebagai Mesias Putra Allah, Penebus dunia telah mempengamhi seluruh pikirannya sehingga ia mengung kapkannya demikian dalam InjiI?

Jawaban terhadap pertanyaan seperti itu banyak tergantung pada pengalaman masing-masing. Kita mungkin telah bertemu dengan orang-orang beriman yang adalah teolog yang dapat dipercaya sekalipun mereka tidak pemah menginjakkan kaki di salsh satu universitas. Mereka pemah menjumpai seorang pribadi yang mengagumkan dan perjumpaan itu sudah cukup untuk membangkitkan bakat-bakat mereka. Kemudian mereka menjadi salah satu dari beberapa rasul yang selalu-merenungkan peristiwa-peristiwa dan penemuan-penemuan dalam karya pelayanan mereka, selalu bersemangat memahami jalan-jalan Allah. Apakah mereka butuh beberapa buku, beberapa teman untuk membantu mereka mematangkan pikiran mereka? Allah yang telah memberikan mereka kebijaksanaan akan menuntun mereka memperoleh bantuan seperti ini.

Bisa jadi Yohanes adalah orang seperti itu, yang sangat dekat dengan Yesus dan menjadi rasul selama enam puluh tahun. Ia tidak mengikuti sekolah para rabi seperti St. Paulus. Oleh karena itu, ia tidak menggunakan argumen-argumen yang rumit, Bagaimanapunjuga, tidakkah ia parut disebut seorang teolog karena dia sungguh mengenal Allah?

Sumber : Kitab Suci Komunitas Kristiani (Edisi Pastoral Katolik)

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id