Kalender Liturgi hari ini
Kitab Hukum Kanonik
No. kanon: contoh masukan no kanon: 34,479,898-906
Materi iman

 

 

 

 

Katolik dan Ortodoks: Perpecahan

Belahan timur dari Kerajaan Romawi telah berhasil melawan penyerbuan-penyerbuan orang-orang barbar. Sedikit demi sedikit bagian Gereja ini, yang disebut Yunani iltau Ortodoks, yang nanti akan mewartakan kabar gembira di Rusia, memisahkan diri dari beJahan barat yang diduduki oleh orang-orang barbar dan.berada.di bawah pimpinan.Gercja Roma. Dan terbentuklah dua Gereja, berbeda dalam kebudayaan, bahasa dan kebiasaan religius sekalipun memiliki iman yang sama. Hal itu tidaklah buruk. Tetapi kedua Gereja berdosa karena mereka lebih memperhatikan kebiasaan-kebiasaan mereka daripada .memperharikan iman yang mereka miliki bersama. Maka, Gereja Timur berpisah dengan Paus, pengganti Petrus di Roma.

Beberapa tahun kemudian, orang-orang Turki, penganut agama Islam, menguasai sisa dari kerajaan Roma di kawasan timur dan hanya-tinggal beberapa.komunitas Kristen di mana Gereja-Gereja purba Syria, Palestina dan Mesir berkembang. Dewasa ini, Yunani, Rumania dan Rusia; khususnya, merupakan bagian terpenting dari dunia Ortodoks.

Dari Para Rasul Kepada Kita

Sumber : Kitab Suci Komunitas Kristiani (Edisi Pastoral Katolik)

 

Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan sumber http://www.imankatolik.or.id/